Sep
30

SPOOF

Teks spoof adalah teks yang menceritakan sebuah kejadian lucu atau peristiwa yang aneh yang telah terjadi di masa lampau. Struktur dari teks spoof yaitu: 1. Orientation: Berfungsi sebagai awal cerita yang mengantar ke dalam inti cerita 2. Event 1: Bagian yang menceritakan kejadian awal 3. Event 2: Bagian yang menceritakan kejadian setelah kejadian awal (bila… Continue reading »

Sep
30

RECOUNT

Teks recount adalah teks yang menjelaskan atau melaporkan mengenai sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau dengan tujuan untuk menginformasikan atau menghibur. Struktur teks recount, yaitu: 1. Orientation: Informasi pembuka yang dapat menjawab siapa, kapan, dan dimana. 2. Events: Urutan kejadian yang ditulis secara kronologis. 3. Reorientation: Penutup Contoh teks recount: My Adventure… Continue reading »

Sep
30

DISCUSSION

Teks discussion adalah teks yang mengemukakan tentang sebuah masalah atau isu dengan memberikan paling tidak dua sudut pandang dari isu tersebut. Terakhir, teks discussion memberikan kesimpulan atau rekomendasi terhadap isu yang dikemukakan. Struktur dari teks discussion, yaitu: 1. Isu 2. Pendapat yang medukung 3. Ide pokok pendapat yang medukung 4. Elaborasi pendapat yang medukung 5.… Continue reading »

Sep
30

EXPLANATION

Teks explanation adalah teks yang menjelaskan proses dari fenomena alam, sosial budaya, atau topik ilmiah dan berbagai macam topik lainnya yang melalui sebuah proses. Struktur teks explanation, yaitu: 1. Penjelasan secara umum 2. Penjelasan proses 3. Penutup Contoh teks explanation: The Process of Rain Water in the earth is kept in many places like the… Continue reading »

Sep
30

REPORT

Teks report adalah teks yang menyampaikan informasi tentang sesuatu (objek, makhluk hidup, kejadian alam) secara apa adanya, sebagai hasil pengamatan yang sistematis dan berdasarkan fakta. Ciri yang membedakan teks report dan teks descriptive adalah cara penulisannya. Teks report hanya menjelaskan topik teks secara umum, sedangkan teks descriptive menceritakan topik teks secara lebih terperinci. Struktur teks… Continue reading »

Sep
30

Narrative

Inti dari teks narrative seperti cerita dongeng yang kadang di bagian akhirnya diberikan moral value dari cerita yang dapat dipetik. Bagian- bagian dari teks narrative adalah: Orientation : penjelasan awal, seperti pembukaan dari cerita Complication : masalah yang terjadi dalam cerita tersebut Solution : pemecahan masalah dalam cerita tersebut Re-orientation : penutup dari cerita Contoh… Continue reading »

Sep
30

Nasrullah. F, S.Pd

Nasrullah Fitri terlahir pada tanggal 10 Agustus 1974 di sebuah desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tepatnya di desa Halayung, yang sekarang sudah melebur dengan desa Ulin, menyebabkan ia akrab dengan kehidupan dan budaya desa. Tidak aneh jika musik dangdut yang merupakan musik kegemaran warga desa juga sering menemaninya. Darah guru mengalir dari ayahnya yang… Continue reading »

Sep
30

Utuh Apdian Desharyadi, S.Pd

Bapak satu anak ini memang pecandu teknologi. Dari menggunakan program sampai dengan merangkai dan memperbaiki komputer menjadi kebiasaannya sehari-hari. Kecintaannya terhadap dunia teknologi ini lah mungkin yang membuatnya selalu aktif di dunia maya, baik mengelola blog SMAN 1 Kandangan maupun Facebook SMA 1. Kehadiran dan peran sertanya di SMA 1 Kandangan sangat dirasakan. Tidak hanya… Continue reading »

Sep
30

Muhammad Jakie Yamani

Senyum ramah selalu menghiasi wajah Muhammad Jakie Yamani. Cowok yang dipanggil Jakie ini memiliki banyak prestasi di bidang akademis dan non-akademis. Prestasi-prestasinya dari SD sampai SMA memang tidak diragukan lagi. Tidak hanya dibidang akademik saja prestasi yang dicapai cowok ini.Saat masih duduk di kelas X jiwa berorganisasinya menghantarkan dia jadi wakil ketua OSIS yang akhirnya… Continue reading »

Sep
30

Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Talking Stick

Ada banyak metode pembelajaran yang tujuannya agar pembelajaran bisa lebih maksimal, lebih efektif dan efesien. Salah satu metode tersebut adalah Talking Stick. Metode Talking Stick ini mempunyai langkah-langkah sbb: Guru menyiapkan sebuah tongkat Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya Setelah selesai membaca… Continue reading »